Makalah Microsoft Power Point


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
“Apa Power Point itu?” mungkin in yang terlintas dalam benak pikiran kita semua tentang Power Point, Microsoft Office Power Point atau yang lebih dikenal dengan Power Point merupakan suatu program yang diciptakan oleh perusahaan dunia yang bergerak dalam dunia pemograman yaitu Microsoft yang berbasis di Amerika serikat yang bertujuan untuk membantu para presenter atau orang yang membawakan presentasi.
Power Point diciptakan untuk membantu dalam membawakan presentasi, dan pada makalah kali ini saya akan membahas Power Point dalam bidang pengertian, sejarah,cara pemakaian, sistem operasi, kompatinilitas, dan versi saja.
Power juga memiliki sejarahnya tersendiri, Power juga mengalami beberapa perbaruan yang bertujuan untuk mempermudah user untuk mengoperasikan Power Point
Dalam dunia kerja Power Point mungkin sudah tidak bisa dipisahkan lagi karena hampir setiap saat Power point diperlu, mungkin itu mengadakan rapat dengan mitra kerja atau rapat dengan atasan. Power Point juga menjadi hal pokok dalam dalam dunia pendidikan juga, jadi tidak hanya pada dunia pekerjaan saja.

1.2 Rumusan Masalah
a. Bagaimana sejarah power point ?
b. Bagaimana pengoperasian dari power point ?
c. Kompatibilitas dari power point ?

1.3 Tujuan
Saya selaku penulis makalah ini ingin memberikan sebagaian ilmu yang saya miliki untuk bisa dikembangkan oleh orang lain, saya ingin membahas Power Point lebih dalam lagi, sebab sebagaian dari kita belum atau bagian-bagian Power Point maka itu saya ingin membahasnya dalam makalah ini agar saudara-saudara dari kita yang belum begitu mengenal Power Point dapat lebih mengenalnya


BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint
Presentasi merupakan bagian terpenting bagi sebagian orang untuk memperkenalkan produk yang akan ditawarkan kepada pihak lain. Tanpa kita sadari presentasi selalu mengawali langkah memperkenalkan produk kita. Baik itu hanya sebatas kita mengarahkan pembicaraan, memberikan sampel atau mungkin menjelaskan secara detal seluk – beluk produk kita.
Perkembangan presentasi sendiri saat ini telah mengalami berbagai kemajuan. Dari yang bersifat face to face hingga yang bersifat komunal / masa yang melibatkan banyak audience. Oleh sebab itulah perkembangan model yang digunakan untuk presentasi mengalami berbagai macam perubahan. Hingga pada akhirnya yang berkembang saat ini adalah presentasi dengan menggunakan media berbasis IT dengan menggunakan fasilitas dari Microsoft yaitu Power Point.

Apa itu power point ? Power point merupakan salah satu aplikasi dari Microsoft yang diperuntukkan sebegai media presentasi. Pada dasarnya banyak media presentasi saat ini yang dikembangkan oleh vendor-vendor lain, tetapi khususnya di Indonesia power point menjadi salah satu pilihan yang tidak asing lagi. Power point mungkin dianggap salah satu aplikasi yang dianggap sangat friendly bagi penggunanya.

sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka,Microsoft Office, selain Microsoft WordExcelAccess dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputePC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007.
Microsoft PowerPoint juga bias di gunakan program aplikasi bisnis yang berguna untuk membuat slide dan dokumen presentasi. Versi terbaru program ini adalah Microsoft PowerPoint 2010, yang dirilis pada tanggal 15 Juni 2010 sebagai bagian dari paket Microsoft Office 2010. Software Microsoft PowerPoint dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft Corporation


Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada kemudahan dan kepraktisannya dalam menyusun slide presentasi. Bisa dikatakan, jika seseorang ingin membuat presentasi, maka yang terlintas di benaknya adalah menggunakan PowerPoint. Fitur animasi dan transisi yang tersedia cukup membantu tugas pembuat presentasi, demikian juga dengan fitur penyisipan materi multimediaseperti suara dan video. Cukup dengan beberapa klik, ketik, dan sisipkan, maka sajian presentasi dapat disusun secara cantik dan profesional.

Program Microsoft PowerPoint banyak diaplikasikan dan digunakan oleh kalangan pengguna komputer di bidangpendidikan, bisnis dan perkantoran. Microsoft PowerPoint merupakan software komersial dengan harga lisensi $140 USD (atau $500 USD untuk paket Microsoft Office Professional 2010). Microsoft PowerPoint dapat dijalankan di sistem operasi Windows XP SP3, Windows Vista, Windows 7. Untuk menginstall versi terbaru program ini, komputer Windows Anda harus memiliki spesifikasi minimal menggunakan prosesor 500 megahertz MHz, memori (RAM) 256 MB, resolusi monitor 1024x768 piksel, dan harddisk dengan kapasitas kosong minimal 1,5 GB.




2.1 Sejarah
Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint.
Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. PowerPoint kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.
Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).
Versi Baru Baru Ini =
Versi terbaru adalah Microsoft Office PowerPoint 2010 (PowerPoint 14), yang dirilis pada bulan Juni 2010, yang merupakan sebuah lompatan yang cukup jauh dari segi antarmuka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan. Selain itu, dibandingkan dengan format data sebelumnya yang merupakan data biner dengan ekstensi *.ppt, versi ini menawarkan format data XML dengan ekstensi *.pptx.
Versi
Tahun
Versi PowerPoint
PowerPoint 1.0
Mac OS classic
T/A
PowerPoint 2.0
Mac OS classic
T/A
PowerPoint 2.0
Windows 3.0
T/A
PowerPoint 3.0
Mac OS classic
T/A
PowerPoint 3.0
T/A
PowerPoint 4.0
Microsoft Office 4.x
PowerPoint 4.0
Mac OS classic
T/A
PowerPoint 7 for Windows 95
Microsoft Office 95
PowerPoint 97
Microsoft Office 97
PowerPoint 98
Mac OS Classic
Microsoft Office 1998 for Mac
PowerPoint 2000
Microsoft Windows 98, Windows NT 4.0, Windows 2000
PowerPoint 2001
Mac OS X
Microsoft Office 2001 for Mac
PowerPoint 2002
Windows 2000/XP
PowerPoint v.X
Mac OS X
Microsoft Office:mac v.X
PowerPoint 2003
PowerPoint 2004
Mac OS X
Microsoft Office:mac 2004
PowerPoint 2007
PowerPoint 2008
Mac OS X
Microsoft Office:mac 2004
PowerPoint 2010
Windows 7 (Disarankan), Windows Vista (Service Pack 2), Windows XP (Service Pack 3) Windows Server 2008Windows Server 2008 R2
Microsoft Office:mac 2004

2.2 Operasi
Dalam PowerPoint, seperti halnya perangkat lunak pengolah presentasi lainnya, objek teks, grafikvideosuara, dan objek-objek lainnya diposisikan dalam beberapa halaman individual yang disebut dengan "slide". Istilah slide dalam PowerPoint ini memiliki analogi yang sama dengan slide dalam proyektor biasa, yang telah kuno, akibat munculnya perangkat lunak komputer yang mampu mengolah presentasi semacam PowerPoint dan Impress. Setiap slide dapat dicetak atau ditampilkan dalam layar dan dapat dinavigasikan melalui perintah dari si presenter. Slide juga dapat membentuk dasar webcast (sebuah siaran di World Wide Web).
PowerPoint menawarkan dua jenis properti pergerakan, yakni Custom Animations dan Transition. Properti pergerakan EntranceEmphasis, dan Exit objek dalam sebuah slide dapat diatur oleh Custom Animation, sementara Transition mengatur pergerakan dari satu slide ke slide lainnya. Semuanya dapat dianimaskan dalam banyak cara. Desain keseluruhan dari sebuah presentasi dapat diatur dengan menggunakaan Master Slide, dan struktur keseluruhan dari prsentasi dapat disunting dengan menggunakan Primitive Outliner (Outline).
PowerPoint dapat menyimpan presentasi dalam beberapa format, yakni sebagai berikut:
·         *.PPT (PowerPoint Presentation), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
·         *.PPS (PowerPoint Show), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
·         *.POT (PowerPoint Template), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
·         *.PPTX (PowerPoint Presentation), yang yang merupakan data dalam bentuk XML dan hanya tersedia dalam PowerPoint 12.


2.3 Kompatibilitas
Mengingat Microsoft PowerPoint merupakan program yang sangat populer, banyak aplikasi yang juga mendukung struktur data dari Microsoft PowerPoint, seperti halnya OpenOffice.org. OpenOffice.org Impress|Impress dan Apple Keynote. Hal ini menjadikan program-program tersebut dapat juga digunakan sebagai alternatif untuk PowerPoint, karena selain tentunya dapat membuka format PowerPoint, aplikasi-aplikasi tersebut tentunya memiliki fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh PowerPoint.
Meskipun demikian, karena PowerPoint memiliki fitur untuk memasukkan konten dari aplikasi lainnya yang mendukung Object Linking and Embedding (OLE), beberapa presentasi sangat bergantung pada platform Windows, berarti aplikasi lainnya, bahkan PowerPoint untuk Macintosh sekalipun akan susah untuk membuka presentasi tersebut, dan bahkan kadang-kadang tidak dapat membukanya secara sukses dalam Macintosh. Hal ini mengakibatkan adanya kecenderungan para pengguna untuk menggunakan format dengan struktur data yang terbuka, seperti halnyaPortable Document Format (PDF) dan juga OpenDocument dari OASIS yang digunakan oleh OpenOffice.org dan tentunya meninggalkan PowerPoint. Microsoft juga sebenarnya sudah melakukan hal serupa saat merilis format presentasi berbasis XML (PowerPoint 12), meskipun hingga saat ini masih banyak pengguna yang tetap menggunakan PowerPoint 11 (Microsoft Office PowerPoint 2003) yang masih berbasis data biner.

Tetapi di balik itu semua, karena terlalu mudahnya kita membuat media melalui power point, terkadang kita dibuat terlena dengan keadaan. Jika kita menilik makna yang terkandung dalam kata power point maka kita akan menyadari bentuk kesalahan presentasi kita. POWER artinya KEKUATAN, sedangkan POINT artinya INTI / INTISARI. Sehingga jika digabungkan power point mempunyai makna kekuatan dari sebuah inti / intisari atau semakin inti semakin mempunyai kekuatan. Mengapa bisa begitu ?
Semakin Padat Semakin Malas Orang Membaca
Dalam sebuah presentasi, kalimat yang panjang lebar tidak akan memberi kontribusi yang positif, tetapi akan membuat audience semakin acuh. Semakin pada presentasi audience semakin malas untuk membacanya. Semakin padat presentasi semakin tidak sampai pesan yang akan disampaikan.
Semakin Simpel Semakin Berkekuatan
Dalam membuat presentasi, seseorang tidak harus pandai menuangkan kata-kata yang bagus, tetapi lebih pada bagaimana seseorang menuliskan atau menggambarkan apa inti dari materi yang akan disampaikan. Semakin simple presentasi yang ditampilkan akan semakin berkekuatan presentasi tersebut.



Tampilan Ms. Power Point tidak kalah dengan Aplikasi Presentasi lain
Untuk urusan tampilan, Ms. Power Point semakin memberikan warna tersendiri bagi penggunanya. Dengan sedikit polesan, Ms. Power Point mampu menyajikan tampilan yang luar biasa. Pengguna bisa membuat template sekehendak hatinya sesuai dengan selera masing-masing. Pengguna dapat memanfaatkan format picture Jpg, Gif, PNG, Tiff untuk menjadikan template yang dikehendaki.

Kolaborasi dengan Aplikasi Lain
Ms. Power Point bukan typikal aplikasi mandiri dan egois. Ia mampu dikolaborasikan dengan aplikasi dan file lainnya misalkan media player (audio, video), swf, mpeg, mp3, mp4, visual basic. Bahkan menu-menu yang muncul di dalam ms. power point pun dapat kita buat dengan tampilan 3D. Bahkan untuk soal-soal pilihan ganda dapat kita tampilkan melalui ms. power point dan dapat menyatakan bahwa jawaban tersebut benar / salah sehingga diakhir pertanyaan, Ms. Power Point mampu menampilkan perolehan skor yang didapat. Dengan menu tampilan developer, Ms. Power point benar-benar memberikan kekuatan tersendiri dalam memberikan kekuatan dalam presentasi.
Kemampuan dari Ms. Power Point tidak hanya muncul pada versi-versi tertentu, tetapi muncul di semua versi yang di pasarkan. Perbaruan versi hanya memberikan kesempurnaan tampilan semata. Dari gambaran tersebut, mungkin apa yang kita pelajari dari aplikasi ini belum seberapa, tetapi apa salahnya kita belajar lebih jauh. Mungkin kita tidak akan mengira bahwa kemampuan Ms. Power Point akan sehebat itu. Mampu menyampaikan pesan dengan sesingkat mungkin, tetapi tidak menutup kemungkinan, hal itu adalah baru bagian terkecil yang kami sampaikan.




·         Untuk membuka, mengedit, dan menyimpan presentasi PowerPoint di SkyDrive, ID Windows Live harus disiapkan di telepon Anda. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang menggunakan ID Windows Live di telepon Anda, lihat ID Windows Live. Untuk info selengkapnya tentang menyimpan dan menyelaraskan dokumen di SkyDrive, lihatMenyelaraskan dokumen dengan SkyDrive.
·         PowerPoint Mobile tidak mendukung semua fitur yang ditemukan di Microsoft PowerPoint 2010. Jika presentasi memiliki konten yang tidak didukung, Anda masih dapat membuka presentasi di telepon. Konten yang tidak didukung tidak akan ditampilkan atau akan ditampilkan secara berbeda, dan Anda mungkin tidak dapat mengedit presentasi tersebut.
·         Anda juga dapat membuka dan menyimpan presentasi yang dikirimkan seseorang kepada Anda lewat surel di telepon. Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat "Bagaimana cara mengunduh lampiran dari sebuah surel?" di FAQ Lampiran surel




.

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Powerpoint merupakan program dari Microsoft Office yang dibuat oleh perusahaan Microsoft dan dipergunakan untuk membantu presentasi dan memiliki versi yang berbeda-beda. Begitu pula cara penggunaan relatif mudah di bandingkan dengan menggunakan OHP.
3.2 Saran
Makalah ini jangan berhenti sampai disini saja tetapi barang siapa yang membaca hendaklah mengerti dan memiliki keinginan untuk memperbaiki dan melanjutkan, tidak hanya copy paste untuk memenuhi tugas.

Semoga artikel ini membantu anda untuk mengerjakan tugas kalian.. terus kunjungi blog saya dengan artikel terbaru..



0 comments "Makalah Microsoft Power Point", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment